Bagaimana Cara Mencegah Kanker Leher Rahim

capitalwired.com

Kanker Leher rahim merupakan kanker yang timbul di rahim seorang wanita. Hampir semua kanker leher rahim disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Kanker leher rahim sangat menakutkan bagi kaum hawa karena hampir sebagian besar kasus kanker adalah kanker leher rahim. Ada beberapa cara untuk mencegah kanker leher rahim yang anda dapat lakukan.

Pencegahan yang utama adalah tidak berprilaku seksual beresiko untuk terinfeksi HPV seperti tidak berganti-ganti pasangan seksual dan tidak melakukan hubungan seksual pada usia dini (kurang dari 18 tahun)

Menghindari faktor resiko lain yang memicu terjadinya kanker seperti paparan asap rokok, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang dan banyak mengandung vitamin C, A dan asam folat.

Menentukan skrining untuk menentukan apakah telah terinfeksi HPV atau sudah ada lesi prekanker dengan metode IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) atau metode lain misalnya Pap smear bila positif dapat segera ditangani dengan pengobatan yang sesuai.

Melakukan vaksinasi HPV yang sudah banyak tersedia di balai pengobatan atau rumah sakit.






0 komentar:

Posting Komentar