5 Langkah Berhenti Merokok

sumber: Republika.co.id

Hari pertama Anda tanpa rokok bisa menjadi sulit, sehingga anda harus memiliki rencana  yang dapat membantu anda untuk berhenti merokok. Siapkanlah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melancarkan usaha anda untuk berhenti dari kebiasaan merokok baik suasana hati maupun suasana di sekitar anda.
Anda harus percaya bahwa anda dapat melewati semua tantangan dalam tahapan berhenti merokok. banyak contoh yang sudah berhasil berhenti merokok, "kalau orang lain bisa kenapa saya tidak...."
Berikut ada beberapa tips berhenti merokok.

Langkah Satu

Niatkan di dalam diri anda bahwa anda akan benar-benar berhenti merokok. anda harus berjanji dengan diri sendiri dengan komitmen yang kuat untuk berhenti merokok. Beritahu teman dan keluarga bahwa hari ini Anda berhenti merokok. Meminta dukungan dari mereka selama beberapa hari pertama dan minggu dan sampai seterusnya. Mereka dapat membantu Anda, tapi pastikan untuk memberitahu mereka bagaimana mereka dapat mendukung Anda. 

Langkah Kedua

Anda dapat mencari dukungan dengan mengikuti program berhenti merokok. anda dapat mencari berbagai informasi tentang program berhenti merokok. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda atau orang yang ahli dibidang ini misalnya psikolog. Ada beberapa orang yang dapat berhenti merokok tanpa bantuan obat-obatan, dan sebagian lagi perlu terapi pengganti nikotin (NRT).

Langkah Ketiga

Tetap sibuk. Ini mungkin tampak sederhana, namun tetap sibuk adalah salah satu cara terbaik untuk tetap bebas asap pada berhenti hari Anda. Cobalah salah satu dari kegiatan ini:
  • Keluar dari rumah pergi ke taman untuk menikmati menghirup udara segar
  • makanlah di tempat bebas asap rokok favorit Anda
  • Mengunyah permen karet atau permen keras
  • Jauhkan tangan Anda sibuk dengan pena atau tusuk gigi
  • Bersantai dengan pernapasan dalam
  • Buat rencana bertemu dengan teman-teman yang tidak merokok
  • Ubah rutinitas Anda
  • Minum banyak air

Langkah Empat

Hindari pemicu merokok. Pemicu adalah orang-orang, tempat, benda, dan situasi yang memicu keinginan Anda untuk merokok. Pada hari Anda berhenti, yang terbaik adalah dengan menghindari mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengakali beberapa pemicu merokok :
  • Membuang rokok Anda, korek api, dan asbak jika belum anda lakukan
  • Hindari kafein, yang dapat membuat Anda merasa gelisah
  • Bergaul dengan non-perokok; kebanyakan orang tidak merokok, sehingga Anda tidak punya pilihan
  • Pergi ke tempat di mana merokok tidak diperbolehkan; 
  • Mendapatkan banyak istirahat dan makan yang sehat; kurang tidur dan terlalu banyak gula bisa memicu Anda untuk merokok

Langkah Lima

Tetap positif tapi waspada. Berhenti merokok memang sulit, tapi tidak ada salahnya untuk mengatakan positif; tidak menyalahkan diri sendiri. Satu hari tidak akan menjadi sempurna, tapi yang terpenting adalah Anda tidak merokok-bahkan tidak satu isapan. Hadiahi diri Anda sendiri bila dapat berhenti merokok selama  24 jam. Anda layak mendapatkannya!
Jika Anda belum merasa siap untuk berhenti hari ini, anda dapat menetapkan tanggal berhenti yang tepat menurut  Anda. Tidak masalah jika Anda membutuhkan beberapa hari untuk mempersiapkan diri untuk berhenti merokok, karena segala sesuatu butuh persiapan yang matang agar semuanya berjalan sesuai rencana.

Sumber : smokefree.gov

0 komentar:

Posting Komentar