TIM BEDAH DI AFRIKA SELATAN SUKSES MELAKSANAKAN TRANSPLANTASI PENIS

Transplantasi penis pertama yang sukses di dunia telah dilaporkan oleh tim bedah di Afrika Selatan.
Pasien operasi merupakan laki-laki 21 tahun yang kehilangan penisnya pada saat disunat. Anak itu memiliki tersisa 1 cm dari penis aslinya. Dokter di Cape Town mengatakan operasi itu sukses dan pasien senang dan sehat. Ahli bedah di Universitas Stellenbosch dan Rumah Sakit Tygerberg melakukan operasi sembilan jam untuk menyelesaikan operasi ini yang merupakan penis yang disumbangkan oleh orang yang sudah meninggal.

Tim operasi menggunakan teknik menyambungkan pembuluh darah dan saraf sama dengan teknik untuk transplantasi wajah untuk menghubungkan pembuluh darah dan saraf kecil. Pasien juga telah diberitahu kemungkinan untuk mengkonsumsi immunosupresan seumur hidupnya.

Operasi berlangsung pada 11 Desember tahun lalu. Tiga bulan kemudian dokter mengatakan pemulihan berlangsung lebih cepat. Diperkirakan butuh 2 tahun untuk timbulnya sensasi penuh kembali. Namun, orang ini sekarang mampu buang air kecil, mengalami ereksi orgasme dan ejakulasi.

Sebelumnya pernah dilakukan operasi di Cina, operasi berjalan lancar tetapi terjadi reaksi penolakan oleh tubuh penderita.

Sumber : bbc news


0 komentar:

Posting Komentar