Dua Belas Hal Agar Kehamilan Sehat

Kehamilan merupakan hal yang normal, tetapi hal ini akan mempengaruhi kondisi ibu pada saat kehamilan. Perubahan Fisiologi tubuh akan sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari bagi seorang ibu yang sedang hamil. Baik secara fisik maupun mental dari sang ibu. Kali ini kami akan menyampaikan beberapa tips sehat pada saat kehamilan.


Mendapatkan perawatan prenatal sejak dini

sumber : Klikdokter.com

Perawatan prenatal yang baik adalah penting bagi Anda dan bayi Anda. Anda dapat menghubungi layanan Kesehatan untuk perwatan perinatal baik di fasilitas pemerintah seperti di Puskesmas atau di klinik-klinik swasta, Selama kunjungan Anda akan diperiksa untuk kondisi tertentu yang dapat menyebabkan komplikasi.

Perhatikan apa yang Anda makan

 Bila anda mengetahui sedang hamil anda harus menyadari bahwa Anda makan untuk dua orang, Anda mungkin akan terkejut bahwa Anda hanya membutuhkan sekitar 300 kalori tambahan per hari. Pastikan Anda mendapatkan banyak protein. Anda sekarang perlu 70 gram sehari dibandingkan dengan sebelum Anda hamil 45 gram.

Anda sebaiknya menghindari telur dan daging yang setengah matang, produk susu yang tidak dipasteurisasi dan jus, makanan laut mentah untuk menghindari masuknya bakteri yang dapat membahayakan pada bayi Anda. Hindari ikan tertentu yang mungkin mengandung tingkat merkuri yang tinggi atau kontaminan lainnya.

Konusumsi vitamin prenatal

Kebanyakan suplemen prenatal mengandung lebih banyak asam folat dan zat besi daripada multivitamin standar. Sangat penting untuk mendapatkan asam folat yang cukup sebelum pembuahan dan selama awal kehamilan. Asam folat sangat mengurangi risiko bayi Anda mengalami kecacatan saraf tulang belakang tabung seperti spina bifida.

Idealnya, Anda harus mulai mengambil 400 mikrogram asam folat setidaknya satu bulan sebelum hamil. Setelah kehamilan, dosis harian Anda sampai 600 mcg.

Perlu memastikan Anda mendapatkan cukup zat besi. Kebutuhan zat besi Anda meningkat secara signifikan selama kehamilan, terutama selama trimester kedua dan ketiga.

Lebih tidak selalu lebih baik - terlalu banyak hal-hal tertentu sebenarnya bisa berbahaya. Hindari dosis tinggi vitamin apapun, dan tidak mengambil suplemen tambahan atau obat herbal tanpa anjuran dari dokter anda.

Berolahraga secara teratur

Program latihan yang baik dapat memberikan kekuatan dan daya tahan, karena anda  membawa beban selama kehamilan, membantu mencegah atau mengurangi rasa sakit dan nyeri, meningkatkan sirkulasi lamban di kaki Anda, dan membantu Anda menangani stres fisik tenaga kerja. Hal ini juga akan membuat anda mendapatkan kembali ke bentuk semula setelah bayi Anda lahir jauh lebih mudah.

Terlebih lagi, latihan adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa tetap aktif dapat meningkatkan tingkat serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati.

Ingat jangan memaksakan diri terlalu keras atau terlalu panas atau dehidrasi. (Anda juga harus menghindari bak air panas dan sauna saat Anda sedang hamil.)

Beristirahat

Anda merasa Kelelahan di trimester pertama dan ketiga adalah cara tubuh memberitahu untuk berhati-hati. Jadi dengarkan dan mengambil mudah sebanyak yang Anda bisa. Anda dapat beristirahat dengan tidur siang atau meluruskan kaki sambil membaca buku atau mendengarkan musik.

Teknik relaksasi seperti yoga, peregangan, bernapas dalam-dalam, dan pijat adalah cara-cara yang bagus untuk memerangi stres dan mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Katakan tidak pada alkohol

sumber : wikihow.com

Jangan minum saat Anda sedang hamil: Setiap alkohol yang diminum akan mencapai bayi Anda dengan cepat melalui aliran darah Anda, melintasi plasenta, dan bayi Anda bisa memiliki tingkat alkohol lebih tinggi daripada yang Anda miliki.

Satu gelas sehari saja dapat meningkatkan peluang Anda untuk memiliki bayi dengan berat lahir rendah dan meningkatkan risiko anak Anda dalam masalah belajar, berbicara, rentang perhatian, bahasa, dan hiperaktif. Dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ibu hamil yang minum segelas minuman alkohol seminggu meningkatkan kemungkinan untuk memiliki anak yang nantinya menunjukkan perilaku agresif dan nakal.

Wanita yang minum lebih dari dua gelas sehari memiliki risiko lebih besar untuk melahirkan bayi dengan sindrom alkohol janin. Anak yang lahir dengan kondisi ini menderita keterbelakangan mental dan pertumbuhan, masalah perilaku, dan cacat wajah dan hati.

Minum juga meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran mati. Jadi untuk amanya anda harus menghindari alkohol sama sekali. Konsultasikan kepada dokter anda bila kesulitan berhenti minum alkohol.

Bersumpah tidak pada semua obat-obatan terlarang

Obat yang Anda gunakan masuk ke aliran darah bayi Anda juga. Beberapa studi menunjukkan bahwa ganja dapat membatasi pertumbuhan dan menyebabkan gejala penarikan bayi Anda (seperti tremor) pada bayi baru lahir Anda.

Menggunakan kokain sangat berbahaya. Ini membatasi aliran darah ke rahim dan dapat menyebabkan keguguran, masalah pertumbuhan, abrupsio plasenta, atau kelahiran prematur. Bayi Anda bisa lahir mati atau cacat lahir atau masalah perkembangan dan perilaku.

Obat lain bisa sangat berbahaya juga. Jika Anda memiliki masalah narkoba, cari bantuan sekarang.

Berhenti merokok


Merokok meningkatkan risiko keguguran, masalah pertumbuhan, placental abruption, dan kelahiran prematur. Beberapa penelitian bahkan telah dikaitkan merokok dengan peningkatan risiko memiliki bayi dengan bibir sumbing atau langit-langit.

Tidak yakin? Merokok selama kehamilan meningkatkan kemungkinan bahwa bayi akan lahir mati atau mati pada masa bayi. Tidak pernah terlalu terlambat untuk berhenti atau mengurangi. Setiap batang rokok anda berhenti merokok memberikan bayi Anda kesempatan yang lebih baik menjadi sehat. Jika Anda tidak dapat berhenti sendiri, meminta dokter Anda untuk rujukan ke program berhenti merokok. Bahkan jika Anda bukan seorang perokok, jauhi dari asap rokok.

Kurangi kafein


The March of Dimes menyarankan para wanita untuk membatasi asupan kafein mereka menjadi kurang dari 200 mg per hari, jumlah yang Anda bisa dapatkan dari satu cangkir kopi. Rekomendasi ini datang dari sebuah studi 2008 menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kafein beresiko dua kali lipat mengalami keguguran dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kafein.

Terlebih lagi, kafein tidak memiliki nilai gizi dan membuat lebih sulit bagi tubuh Anda untuk menyerap zat besi. Ini juga stimulan, sehingga dapat membuat lebih sulit bagi Anda untuk mendapatkan tidur malam yang baik, menimbulkan sakit kepala, dan menimbulkan mulas.

Batasi minum kopi atau mempertimbangkan untuk beralih ke kopi tanpa kafein. Dan memeriksa kandungan kafein produk lain yang Anda konsumsi, seperti teh, minuman ringan, "energi" minuman, cokelat, dan kopi es krim, serta over-the-counter obat-obatan, seperti obat sakit kepala, flu, dan alergi.

Menghilangkan bahaya lingkungan

Beberapa pekerjaan dapat berbahaya bagi Anda dan bayi Anda berkembang. Jika Anda rutin terpapar bahan kimia, logam berat (seperti timah atau merkuri), agen biologis tertentu, atau radiasi, Anda harus membuat beberapa perubahan sesegera mungkin.

Perlu diketahui bahwa beberapa produk pembersih, pestisida, pelarut, dan memimpin dalam air minum dari pipa-pipa tua juga bisa berbahaya.

Lihat dokter gigi

Jangan lupa tentang kesehatan mulut Anda: sikat, benang, dan mendapatkan perawatan gigi secara teratur. Pergeseran hormonal selama kehamilan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit gusi. Peningkatan progesteron dan estrogen tingkat dapat menyebabkan gusi bereaksi berbeda terhadap bakteri dalam plak, sehingga bengkak, berdarah, lembut gusi (gingivitis). 

Jaga kesehatan emosional Anda

Banyak wanita merasa lebih emosional pada satu wakt selama kehamilan. Tetapi jika perubahan suasana hati Anda ekstrim atau mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, Anda mungkin menderita depresi, kondisi yang relatif umum.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikiater bahkan seseorang yang anda percayai mengenai kondisi kejiwaan anda. Anda dapat menceritakan semua hal yang berhubungan dengan keadaan emosioanla anda, misalnya hubungan rumah tangga atau hal lain yang mengakibatkan kesehatan emosional anda terganggu.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang sedang hamil untuk menjaga kesehatan kehamilan anda.

Sumber : babycenter.com

0 komentar:

Posting Komentar