Langkah Untuk Mencegah Malaria


Malaria kita ketahui bersama merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit yang disebut Plasmodium. Parasit ini dibawa dan ditularkan oleh nyamuk Anopheles yang bisa menyerang siapa saja dari bayi sampai dewasa dan tidak memandang jenis kelamin. 

Malaria berat dapat menimbulkan kematian, selain itu juga bisa menimbulkan anemia. Bila yang terkena ibu hamil bisa menyebabkan bayi berat lahir rendah, sampai pada kematian janin. Di Indonesia masih banyak lokasi-lokasi yang endemis malaria terutama daerah-daerah terpencil. Daerah Timur Indonesia merupakan daerah yang endemis di Indoensia.

Berikut Beberapa langkah untuk mencegah malaria

Menghindari gigitan Nyamuk


Anda dapat memakai obat oles untuk mencegah gigitan nyamuk. di rumah anda hendaklah memasang kawat kassa di setiap ventilasi. Bila anda mempunyai ternak jauhkan kandang ternak dari rumah anda. Bila keluar rumah di daerah endemis malaria anda dapat menggunakan pakaian yang tertutup.

Minum Obat 

Anda dapat meminum obat 2 hari sebelum berangkat ke daerah malaria dengan obat doksisiklin 1x1 kapsul/hari sampai dua minggu setelah keluar dari lokasi tersebut

Pembersihan Tempat Hinggap Nyamuk dan Memberantas Sarangnya

  • Membersihkan rumput-rumput dan Semak di tepi saluran dan sekitar rumah
  • Melipat kain yang bergantungan di dalam rumah
  • Usahakan keadaan di dalam rumah tidak ada tempat yang gelap.
  • Mengalirkan genangan air atau anda bisa menutup atau mengisi daerah genangan air di rumah anda dengan tanah atau pasir

Membunuh Jentik Nyamuk


Anda dapat menyemprotkan obat anti larva pada genangan air atau bisa juga dengan menebarkan beberapa jenis ikan pemakan jentik di kolam yang anda miliki misalnya Kepala timah, Nila Merah, Ikan Cupang, Mujair.

Membunuh Nyamuk Dewasa

Dengan Menyemprot rumah-rumah dengan racun serangga

Sumber : Promkes Kemkes RI

0 komentar:

Posting Komentar