DAMPAK BURUK MEROKOK BAGI KESEHATAN




Merokok sangat merugikan dampaknya hampir pada setiap organ tubuh. Berikut ini berapa efek berbahaya yang langsung terjadi pada tubuh kita.

1. Pada otak dapat menjadi kecanduan

Nikotin dari rokok adalah adiktif seperti heroin. Kecanduan nikotin sulit untuk mengalahkan karena perubahan otak Anda. Otak berkembang reseptor nikotin ekstra untuk mengakomodasi dosis besar nikotin dari tembakau. Ketika otak berhenti mendapatkan nikotin itu digunakan untuk, hasilnya adalah penarikan diri dari nikotin. Anda mungkin merasa cemas, mudah tersinggung, dan memiliki hasrat yang kuat untuk nikotin.

2. Pada organ Telinga

Merokok mengurangi suplai oksigen di telinga bagian dalam. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan ringan sampai sedang pada gangguan pendengaran.

3.Pada organ Mata

Merokok menyebabkan perubahan fisik di mata yang dapat mengancam penglihatan Anda. merokok meningkatkan risiko Anda terkena katarak dan degenerasi syaraf mata keduanya dapat menyebabkan kebutaan.

4. Pada Mulut

Perokok memiliki lebih banyak masalah kesehatan mulut dibandingkan non-perokok, seperti sariawan, bisul dan penyakit gusi. Anda lebih mungkin untuk memiliki gigi berlubang dan kehilangan gigi pada usia yang lebih muda. Anda juga lebih mungkin untuk mendapatkan kanker mulut dan tenggorokan.

5. Pada Wajah

Merokok dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan kehilangan elastisitas, yang menyebabkan keriput dan stretch mark. Warna kulit Anda bisa menjadi kusam dan keabu-abuan. Dengan awal 30-an Anda, keriput bisa mulai muncul di sekitar mulut dan mata, menambahkan tahun untuk wajah Anda.

6. Pada organ Jantung

  • Merokok meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan pada jantung Anda. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung.
  • Merokok membuat darah Anda tebal dan lengket. Darah lengket juga lebih mungkin untuk membentuk bekuan darah yang menyumbat aliran darah ke jantung, otak, dan kaki. Kerusakan ini dapat meningkatkan risiko untuk serangan jantung atau stroke.
  • Merokok meningkatkan jumlah kolesterol dan lemak tidak sehat yang beredar di darah, yang menyebabkan deposit lemak yang tidak sehat. Seiring waktu, kolesterol, lemak, dan puing-puing lain membangun di dinding arteri Anda. Penumpukan ini mempersempit aliran darah normal arteri dan blok ke jantung, otak, dan kaki. 

7.  Pada Organ Paru-paru

  • Merokok menyebabkan peradangan pada saluran udara kecil dan jaringan paru-paru Anda. Hal ini dapat membuat dada Anda terasa kencang atau menyebabkan Anda mengi atau merasa sesak napas. 
  • Merokok merusak alveoli, di paru-paru yang memungkinkan pertukaran oksigen.  Alveoli tidak tumbuh kembali, Anda secara permanen menghancurkan bagian dari paru-paru Anda. Ketika banyak alveoli yang hancur, penyakit emfisema berkembang. Emfisema menyebabkan sesak napas berat dan dapat menyebabkan kematian.
Masih banyak kerusakan yang bisa di timbulkan rokok, belum lagi dampak asap rokok bagi orang lain yang disekitar seorang perokok. Mari kita hidup lebih sehat dengan berhenti merokok.

Sumber. smokefree.gov

0 komentar:

Posting Komentar